fbpx

Komisi III DPRD Banten Studi Banding Wisata Halal ke Aceh

31

Sejumlah anggota Komisi III DPRD Banten melakukan kegiatan studi banding wisata halal ke Aceh, Jumat (25/5/2018) yang disambut langsung Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh di ruang rapat dinas setempat.

Dalam rombongan yang dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Banten Iskandar tersebut juga ikut serta Sekretaris Dinas Pariwisata Banten Wadiyo. Dalam kesempatan tersebut, delegasi dari Banten ini ingin belajar banyak mengenai keberhasilan Aceh dalam menyelenggarakan wisata halal serta strategi promosi yang baik mengenai wisata halal.

Aceh yang dikenal sebagai daerah yang menerapkan Syari’at Islam, menurut Ketua Komisi III DPRD Banten Iskandar berhasil menggerakan promosi pariwisata dan hal ini menjadi hal penting yang perlu dipelajari oleh semua pihak.

“Penerapan Syariat Islam di Aceh menurut kami memiliki nilai lebih, dimana dalam waktu yang bersamaan juga berhasil mengembangkan sektor pariwisata dan juga wisata halal. Kehadiran kami disini tentu ingin belajar banyak pengalaman terkait pengembangan pariwisata dari Serambi Mekkah,” ujar Iskandar.

Terkait wisata halal, Plt Kadisbudpar Aceh Amiruddin menyebutkan, Aceh telah mempunyai payung hukum berupa Qanun nomor 8 tahun 2013 tentang kepariwisataan yang merupakan turunan dari UU Nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan.

“Seperti diketahui bersama, keberadaan qanun kepariwisataan ini tentu sangat penting dan dengan dasar itu segala hal dalam bentuk promosi kita kemas dengan baik dan lakukan dengan berbagai macam strategi terlebih dibidang digital. Hal ini sangat mendukung penerapan wisata halal agar diketahui lebih luas,” ujar Amiruddin.

Tidak hanya soal promosi, Amiruddin juga menambahkan, Disbudpar Aceh sendiri secara rutin terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak yang melibatkan unsur pentahelix, sehingga kebutuhan dalam pariwisata terus dilakukan.

Selain pertemuan tersebut, delegasi dari Komisi III DPRD Banten juga melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur Aceh dan beberapa agenda lainnya seperti City Tour di Kota Banda Aceh, serta buka puasa bersama hingga shalat tarawih berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman.