Kadisbudpar Aceh Terima 4 Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda

63

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktoral Jenderal Kebudayaan menggelar malam apresiasi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia 2019 yang berlangsung Selasa (8/10/2019) malam di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Dalam kegiatan yang ikut dihadiri Gubernur dan Bupati/Wali Kota se-Indonesia tersebut digelar prosesi penyerahan sertifikat WBTB Indonesia yang pada bulan Agustus lalu telah ditetapkan oleh tim ahli WBTB di Hotel Millennium Jakarta.

Aceh sendiri menerima 4 sertifikat karya budaya, yang diterima langsung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin mewakili Pelaksana Tugas Gubernur Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin“Aceh menerima 4 sertifikat karya budaya Aceh yang telah ditetapkan sebagai WBTB Indonesia yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo, yakni berupa karya Sining, Gutel, Silat Pelintau, dan Memek,” sebut Jamaluddin.

Dengan ditetapkan 4 karya budaya ini, maka jumlah karya budaya Aceh yang telah menjadi WBTB Indonesia berjumlah 34 karya budaya.

“Kita berharap kabupaten/kota aktif untuk mencatatkan warisan budaya di wilayahnya sebagi upaya untuk perlindungan terhadap karya budaya lokal dari kepunahan dan klaim budaya dari negara lain,” pungkasnya.

Pada tahun mendatang, tambah Jamal, kita juga ingin jumlah karya budaya yang ditetapkan dan masuk dalam WBTB bisa lebih banyak lagi, sehingga kerja sama dan pelestarian ini perlu dilakukan bersama.