Kabar Gembira, Band Etnik Aceh Keubibit Raih AMI Awards 2020

115

Sebuah prestasi kembali ditoreh oleh band etnik Aceh, Keubitbit yang akhirnya berhasil meraih Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020 untuk kategori Karya Produksi World Musik Terbaik lewat single berjudul Saban Sabee yang diumumkan lewat televisi RCTI Jakarta, Kamis (26/11/2020) pukul 21.00 WIB.

Band etnik ini berhasil menyaingi beberapa grup musik lainnya dari tanah air seperti Anuhyang, Gus Teja, Sambasunda, dan Wofton.

“Keberhasilan Keubitbit meraih penghargaan AMI Awards 2020 menjadikan sejarah baru bagi dunia musik di Aceh. Mereka meraih predikat tertinggi untuk musik Indonesia itu yang pertama kali diperoleh Aceh,” ujar Safrullah atau akrab disapa Alul, vokalis Keubitbit, Sabtu (28/11/2020).

KARYA PRODUKSI WORLD MUSIC TERBAIK Keubitbit – Saban Sabee

Alul menyebutkan, lagu etnik modern yang berhasil meraih AMI Awards tersebut merupakan lagu milik grup band ‘Kande’ yang liriknya ditulis Rafly Kande, orang tua kandungnya sendiri.

“Penghargaan ini juga untuk Aceh untuk orang tua kami, guru-guru kami, teman-teman kami, dan para pendengar kami,” sambung Alul.

Keubitbit Ethnic Music sendiri adalah sebuah grup musik yang mengangkat ruh dan nuansa musik pesisir ujung Sumatera yang berasal dari Aceh.