Ini Dia Nama-nama Pemenang Lomba Maskot PKA VII

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh sejak 6 Maret lalu telah menggelar lomba desain maskot Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII yang penerimaan karyanya ditutup hingga 29 Mei lalu.

Kegiatan pra even PKA VII yang akan diselenggarakan 2018 ini sebagai bentuk media promosi secara menyeluruh baik untuk Aceh sendiri dan masyarakat luar.

Panitia pelaksana, Mia Ghani menyebutkan lomba desain maskot PKA VII yang dibuka umum untuk seluruh kreator yang ada di Indonesia tersebut nantinya akan digunakan sebagai ikon perhelatan kegiatan kebudayaan se-Aceh.

“Hasil dari lomba ini akan digunakan sebagai ikon PKA VII tahun 2018 nantinya. Ada sekitar 74 karya peserta yang masuk ke panitia, baik itu berasa dari Aceh sendiri dan juga dari pulau Jawa,” pungkasnya.

Aspek yang dinilai, sebut Mia dari lomba masko tersebut berupa originalitas karya, unsur budaya Aceh, perspektif dan bentuk, konsep serta nilai komersial yang dilakukan kurasi langsung oleh dewan juri yang terdiri dari Dr. Iskandarsyah Majid, Zulhadi Usman S.Sn, Said Akram, dan Fadhlan S.Pd, M.Sn.

“Dari seluruh karya yang masuk, terpilihlah “Pomeurah Meuseudati” milik Jalaluddin Ismail sebagai maskot PKA VII yang nantinya akan dilaunching secara resmi oleh Disbudpar Aceh,” sebutnya.

Maskot ini sendiri, tambah Mia mempunyai unsur adat dan budaya Aceh yang sangat kental, yaitu memadukan ikon gajah putih yang terkenal di jaman kerajaan Aceh dengan tarian seudati serta atribut kupiah meukeutop yang kian membuat maskot ini mewakili berbagai adat dan budaya Aceh yang harus tetap kita jaga dan lestarikan.

Penasaran dengan bagaimana bentuk maskot PKA VII ini? Tunggu kehadirannya di acara launching PKA VII nanti ya.

“Penyerahan hadiah akan dilaksanakan serentak dengan presentasi finalis lomba karya tulis ilmiah remaja tentang budaya, yang akan dilaksanakan tanggal 12 Juni 2017 pukul 17.00 WIB di Hotel Grand Permata Hati Blang Oi, Banda Aceh,” tutupnya.

Berikut daftar pemenang lomba desain maskot PKA VII

  • Juara 1 – Jalaluddin Ismail
    Alamat Jalan Laksamana malahayati Komplek Lambada Permai, Aceh Besar
  • Juara 2 – M. Siddiq Pratama
    Alamat Desa lambaro cafe. Kec. Ingin Jaya, Aceh Besar
  • Juara 3 – Ari Suwanda
    Alamat Jl. Rombean No.67 Desa Lamlagang, Aceh Besar
  • Juara Harapan 1 – Ahmad Fahrial
    Alamat Desa Gunung Cut Kec. Tansan-Tamsam, Abdya
  • Juara Harapan 2 – Ikhsan Dwiono
    Alamat Jl. Sri Rejeki Timur V No. 10 RT 9/RW 6, Semarang, Jawa Tengah
  • Juara Harapan 3 – Rahmad Kurniawan
    Desa Kandung Pasir Kec. Johan Pahlawan, Aceh Barat
  • Juara harapan 4 – Edi Saputra S

You might also like More from author

Leave a comment