IDW Bireuen Sosialisasi Sadar Wisata ke Sekolah

48

Ikatan Duta Wisata Kabupaten Bireuen (IDWB) gelar roadshow sosialisasi sadar wisata ke beberapa sekolah yang ada di Kabupaten Bireuen.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut, 29-31 Januari ini mengunjungi beberapa sekolah, antara lain SMA Negeri 1 Bireuen, SMA Negeri 2 Bireuen, dan SMA Negeri 1 Peusangan.

Agam Bireuen 2018 Mulkan Kautsar mengatakan, tema roadshow kali ini “Jak Tapeuturi Bireuen, Peusyuhu Wisata dari Tanoh Jeumpa” bertujuan sebagai bentuk sosialisasi sadar wisata kepada pelajar yang ada di Bireuen.

“Roadshow ini sendiri sebagai bentuk promosi potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Bireuen kepada generasi muda. Selain itu juga kegiatan ini dimaksudkan untuk pengenalan Duta Wisata Kabupaten Bireuen 2018 dan serta promosi awal Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Bireuen yang akan diadakan pada tahun 2019 ini,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama juga, sebut Mulkan juga dilakukan sosialisasi anti narkoba oleh Duta Wisata Bireuen Anti Narkoba Ismuhar dan Reva Maulidia.

“Sosialisasi ini dilakukan dengan harapan agar generasi muda di Kabupaten Bireuen bisa memiliki kesadaran untuk menjauhi narkoba. Apalagi Kabupaten ini termasuk dalam salah satu daerah dengan tingkat peredaran narkoba tertinggi di provinsi Aceh,” sebut Mulkan yang didampingi Duta Wisata Aceh Anti Narkoba Rika Munanda.

Roadshow IDWB sendiri, ujar Rika merupakan program yang dirancang secara sederhana dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi generasi muda.

“Selama ini promosi wisata lebih sering dilakukan melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan Steemit dengan program “One Week Discover Bireuen”. Dengan adanya roadshow ini maka Duta Wisata dapat mengajak secara langsung para siswa untuk bersama-sama mempromosikan potensi wisata daerah. Ditambah lagi jika dibandingkan dengan daerah lain di Aceh, Bireuen belum menjadi destinasi wisata yang populer,” jelas Rika.

Dalam soal kuliner, kata Rika, Kabupaten Bireuen termasuk salah satu juaranya. Terbentang dari Samalanga sampai Gandapura, hampir setiap Kecamatan di Kabupaten Bireuen memiliki potensi kuliner yang bermacam-macam. Seperti Kanji Samalanga, Rujak Batee Iliek, Kuah Dalica, Pulot Ijo, Nagasari, Pangsit Bireuen, Mie Limpak, Keripik Aneka Rasa, Sate Matang, Bada On Mancang, Rujak Cot Buket, Rujak Manis Kutablang, sampai Mie Kocok Geurugok.

“Potensi ini pula yang berusaha untuk ditonjolkan oleh Duta Wisata Bireuen 2018 dan bahkan dipresentasikan pada Pemilihan Duta Wisata Aceh 2018 lalu,” jelas Inong Bireuen tersebut.

Source Seputar Aceh