GenPI Aceh Hadiri Pembentukan GenPI Jateng di Semarang

Banyaknya pengguna media sosial dikalangan anak muda Indonesia disambut positif oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Melalui Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, menggandeng komunitas anak muda yang aktif di media sosial untuk mempromosikan wisata di daerahnya.

Kali ini, melalui Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar RI kembali membentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Ke-6 di Wilayah Jawa Tengah.

Kegiatan itu turut dihadiri perwakilan GenPI wilayah yang sudah terbentuk sebelumnya, diantaranya GenPI Lombok Sumbawa, GenPI Jawa Barat, GenPI Sumatera Barat, GenPI Aceh dan GenPI Maluku. GenPI Aceh sendiri dibentuk pada 6 September 2016 di Oasis Hotel, Banda Aceh yang pada saat itu diikuti oleh 50 lebih pegiat media sosial di Aceh.

GenPI merupakan generasi anak anak muda yang mempunyai kemampuan lebih dalam dunia internet berbasis komunitas yang aktif dan rutin mempromosikan pariwisata Indonesia melalui blog, media sosial lainnya kepada masyarakat luas di dunia maya.

Ketua Divisi Humas GenPI Aceh, Muhadzdzier M. Salda saat menghadiri pembentukan GenPI Jawa Tengah di Hotel Aston Semarang, Senin (13/3)

Acara yang diikuti oleh 40 lebih pegiat media sosial, travel blogger dari perwakilan kota/kab di Jawa Tengah, ditambah dengan 5 utusan GenPI Wilayah yang diundang dan difasilitasi oleh Kemenpar itu, Genpi Wilayah ini sudah terbentuk sebelummnya sejak pada tahun 2016.

Plt. Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Hariyanto selaku panitia kegiatan menyampaikan Kementerian Pariwisata membentuk GenPI ke-6 yaitu di Jawa Tengah. Focus Group Discussion (FGD) yang mengusung tema “Peran Komunitas Generasi Pesona Indoenesia (GenPI) Dalam Rangka Penyusunan Strategi Pemasaran Wisata Tematik Jalur Rempah” itu dibuka oleh Urip Sihabuddin, selaku Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

FGD pembentukan GenPI Jateng itu menghadirkan 5 pamateri yang sudah cukup berkompeten di bidangnya, diantaranya, Don Kardono (Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi), Taufik Rahzen (Budayawan dan Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Budaya), Taufan Rahmadi (anggota Tim Percepatan Wisata Halal dan Tim Percepatan 10 Destinasi Wisata Prioritas), lalu Siti Chotijah, Koordinator GenPI Lombok yang memaparkan pengalamannya membentuk dan mengembangkan Komunitas GenPI Lombok Sumbawa dengan segala potensi dan tantangannya, dan pemateri terakhir, Shafiqh Pahlevi Lontoh selaku pegiat Pariwisata Jateng. Shafiqh juga terpilih sebagai Koordinator GenPI Jawa Tengah.

Via Muhadzdzier M. Salda

You might also like More from author

Leave a comment