Festival Rentak Melayu Raya 2018 Libatkan 4 Negara Serumpun

Malaysia, Brunei Darussalam, Singapore, dan Thailand

326

Tak kan Melayu Hilang di Bumi, Bumi Bertuah Negeri Beradat. Itulah seuntaian kalimat yang pernah diucapkan oleh tokoh Melayu legenda, Hang Tuah. Petuah ini menjadi penuh sarat makna, yang pada intinya untuk senantiasa menjaga nilai-nilai kemelayuan, adat dan tradisi Melayu.

Kali ini, hajatan kesenian Melayu akan hadir di Kota Langsa pada 28-29 September yang akan hadir sejumlah penampilan dari berbagai negara serumpun mulai dari Indonesia sebagai tuan rumah, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapore dan Thailand serta perwarkilan dari sejumlah daera yang ada di nusantara.

Kegiatan yang akan berlangsung di Lapangan Merdeka Kota Langsa akan menampilkan berbagai khasanan Melayu dan Aceh yang kaya akan adat budaya berlandaskarn syariat Islam.

Selain pagelaran seni dan festival lagu, kegiatan yang turut didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh ini juga akan menghadirkan sejumlah pembicara dalam seminar kebudayaan Melayu, seperti Rektor IAIN Langsa Zulkarnaini, Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Syahrizal Abbas, Sitti Zainon dari Malaysia, Ku Majdi Yamirudeng dari Thailand serta Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) dari Sumatera Utara, yang nantinya akan dimoderatori oleh budayawan sekaligus dosen IAIN Cot Kala Langsa Muhammad Alkaf.