Festival Pesona Aceh Selatan Angkat Tema “Badusanak Babudaya“

98

Pesona Aceh Selatan untuk pertama kali digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh yang mengangkat tema “Badusanak Babudaya” 27-29 Juli di Lapangan Naga, Tapaktuan, Aceh Selatan.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk festival ini turut bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan yang bersamaan dengan agenda Jambore PKK tingkat kabupaten.

Bupati Aceh Selatan Azwir SSos, dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas keterlibatan semua pihak untuk menyukseskan kegiatan perdana tersebut.

“Festival Pesona Aceh Selatan ini bertujuan untuk menggali kembali tradisi gastronomi dari daerah dan suku Aceh Selatan, keunikan sumber daya alam (SDA), serta keahlian lokal yang menghasilkan produksi makanan lokal yang menarik,” kata Azwir dalam sambutannya, Sabtu (27/7/2019).

Pada festival ini, kata Azwir, turut dikenalkan sejumlah sajian kuliner dan masakan khas Aceh Selatan yang dipadukan dengan budaya yang ada, sehingga keberagaman ini dapat dirasakan semua masyarakat.

Aceh Selatan, tambah Azwir, banyak memiliki destinasi dan kebudayaan yang bisa dijadikan daya tarik wisata.

“Aceh Selatan sebagai salah satu kabupaten di Aceh yang memiliki berbagai keunikan dan daya tarik tersendiri. Hingga kini, seni dan budaya tradisional itu masih tetap terjaga, bahkan mampu bersanding dengan budaya modern yang kian mewabah saat ini,” ungkap Azwir.