fbpx

Festival Budaya Saman Siap Meriahkan GAMI Festival di Gayo Lues

Rangkaian Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018

145

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan ikut ambil bagian dalam gelaran Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 yang akan menggelar Festival Budaya Saman sebagain salah satu program Indonesiana Kemendikbud yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh.

Festival Budaya Saman sendiri merupakan salah satu dari 9 kegiatan budaya tahun 2018 yang didukung melalui platform Indonesiana Kemendikbud. Festival yang digelar di Blangkejeren, Gayo Lues akan berlangsung mulai 2 Oktober hingga 24 November 2018.

Kegiatan yang mengangkat budaya Bejamu Saman Roa Lo Roa Ingi (dua hari dua malam) yang memiliki konsep maraton di 11 kampung tersebut akan melibatkan ratusan pesaman yang ada di 11 kecamatan di Gayo Lues.

Bejamu Saman sendiri dimaksudkan sebagai perayaan atas kelestarian ekosistem pertunjukan Saman di Kabupaten Gayo Lues. Sebuah ekosistem, yang menjadi rahim dari tradisi berlatih dan mempertunjukan Saman di setiap kampung hingga hari ini, pada hari raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Maulid Nabi.

Selain bejamu saman, dalam festival nantinya juga akan turut digelar sejumlah kompetisi dan seminar, diantaranya seminar syair dan gerak saman, kompetisi kopi, kerawang, tari bines dan musik etnik.