Disbudpar Aceh Silaturrahmi dengan Pengurus Dekranasda Aceh

Bahas IFF 2020

47

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bersama panitia penyelenggara Islamic Fashion Festival (IFF) 2020 menggelar pertemuan sekaligus silaturahmi dengan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Kamis (5/3/2020).

Turut hadir juga sejumlah desainer Aceh dalam silaturrahmi ini yang membahas sejumlah hal terkait perkembangan fesyen dan masukan untuk kegiatan IFF yang akan digelar April ini.

Plt Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati mengharapkan Aceh kedepan menjadi salah satu kiblat fahion di tanah air yang berciri khas pada syariat Islam.

“Aceh dikenal sebagai provinsi yang menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam segi berpakaian. Syariat islam bukanlah penghalang bagi para desainer utk terus berkarya, namun menjadi dasar untuk menghadirkan fesyen yang kental dengan nuansa Islami,” sebutnya dalam pertemuan di Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh.

Disbudpar Aceh Silaturrahmi dengan Pengurus Dekranasda Aceh

Dyah juga ingin, Aceh bisa terus berbenah agar bisa lebih maju bahkan lebih baik dari provinsi-provinsi lain di Indonesia dalam hal industri fesyen.

“Islamic Fasion Fastival bisa menjadi salah satu andalan wisata halal dan bisa menjadi even kebanggaan Aceh setiap tahunnya,” harapnya.

Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh Irmayani, menyampaikan, semua desainer akan terlibat di IFF dan nantinya menjadi ajang bagi desainer pemula untuk menyalurkan bakatnya dibidang fesyen.

“Aceh menjadi salah satu pasar fesyen muslim yang menjanjikan dan ingin menjadikan even IFF lebih dikenal sebagai even unggulan dibidang fasion tanah air,” kata Irma yang juga Ketua IFF Aceh 2020.

Perwakilan Indonesia Fashion Chamber (IFC) Aceh Khairul Fajri juga turut memberikan masukan terharap kegiatan IFF tahun ini termasuk bagi penyelenggara dan sejumlah hal teknis.

“Nantinya panitia penyelenggara juga perlu memperhatikan hal teknis dan belajar dari tahun sebelumnya, seperti teknis penjurian dan beberapa agenda perlombaan. Agar pelaksanaan IFF bisa berjalan sukses,” sebut owner Ija Kroeng tersebut.