fbpx

Disbudpar Aceh gelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam di Takengon

Rangkaian GAMI Festival 2018

163

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pemandu wisata alam sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mengelar Pelatihan Pemandu Wisata Alam yang berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa (10-11/9/2018) di Takengon, Aceh Tengah.

Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan juga pelayanan bagi wisatawan khususnya pemandu wisata alam (adventure) ini diikuti oleh 50 peserta yang melibatkan pemandu dari Aceh Tengah sebanyak 20 peserta, Bener Meriah 10 peserta, dan asal Gayo Lues sebanyak 10 peserta serta dari Aceh tenggara sebanyak 10 peserta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dedy Fahrian dalam sambutan mengatakan untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan, maka perlu dilakukan pembenahan pada sektor-sektor utama penunjang pariwisata diantaranya SDM kepariwisataan khususnya pemandu wisata alam.

“Disbudpar Aceh akan terus melakukan pembinaan dan kerja sama dengan pelaku-pelaku pariwisata. Kita sangat berharap kepada pelaku wisata untuk meningkatkan SDM yang nantinya dapat bersaing dan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan yang akan berlibur ke Aceh,” ungkap Dedy.

Terkait potensi destinasi wisata di dataran tinggi Gayo tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Aceh Tengah, Khairuddin juga menyebutkan, Aceh Tengah banyak memiliki potensi objek wisata baik objek wisata agro, adventure dan budaya yang bisa dikembangkan.

“Aceh Tengah kaya akan destinasi wisata, yang saat ini punya potensi besar berada di sektor pariwisata agro, petualangan dan budaya. Kita ingin pengembangan SDM yang terjalin ini bisa terus berlanjut untuk menghasilkan pelayanan yang baik bagi wisatawan,” sebutnya.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Aceh Tengah dalam hal ini juga berkomitmen untuk meningkatkan kerjasama dibidang fisik dan pengembangan SDM kepariwisataan secara profesional.

Rangkaian kegiatan pelatihan yang digelar selama 2 hari tersebut juga menjadi bentuk dukungan dalam rangka pelaksanaan Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 yang bertema “The Power of Nature” yang akan berlangsung hingga 3 (tiga) bulan kedepan dengan melibatkan 4 (empat) kabupaten seperti Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara yang dibuka 14 September dan berakhir 24 November.