Catat Tanggalnya, Pentas Didong “Pride of Gayo” 2021

213

Satu lagi, kesenian dari tanoh Gayo akan kembali hadir kehadapan Anda. Mengangkat tema Pride of Gayo, Pentas Didong 2021 akan digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Sabtu (10/4/2021) di Hotel Amel Convention Hall, Banda Aceh.

Rangkaian kegiatan ini juga sudah diawali dengan kompetisi didong, selain itu menghadirkan ragam rangkaian lainnya seperti penampilan musik etnik, anugerah sniman didong, pertunjukan pentas didong, dan pemberian hadiah kompetisi didong yang telah berlangsung 18-30 Maret 2021 lalu.

Selain itu juga akan ada sesi talkshow dengan sejumlah narasumber seperti pegiatan budaya dan sastrawan yang akan ditayangkan secara langsung di iNews TV Aceh.

Didong sendiri merupakan sebuah kesenian rakyat Gayo yang memadukan unsur tari, vokal, dan sastra. Didong dimulai sejak zaman Reje Linge XIII. Kesenian didong ini banyak digemari oleh masyarakat Takengon dan Bener Meriah.

Didong adalah sebuah kesenian rakyat Gayo yang memadukan unsur tari, vokal, dan sastra. Didong dimulai sejak zaman Reje Linge XIII. Salah seorang seniman yang peduli pada kesenian ini adalah Abdul Kadir To`et. Kesenian didong lebih digemari oleh masyarakat Takengon dan Bener Meriah.