Buka Festival Selam, Reza Fahlevi: Standar Selam Perlu Ditingkatkan

108

Sabang memiliki berbagai tempat wisata seperti wisata sejarah, desa wisata, budaya, serta heritage destinasi cruise dan lainnya. Hanya saja bagaimana pemerintah mengelola dengan baik dan memasarkan ke kancah internasional.

Hal tersebut diutarakan Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Kementerian Pariwisata Reza Fahlevi saat membuka kegiatan Aceh Diving International Festival and Championship, Minggu (6/10/2019) di Pantai Gapang, Iboih, Sabang.

Menurut Reza, Sabang memiliki potensi besar bahari dan juga destinasi alam. Sekarang bagaimana meningkatkan potensi besar itu agar dikenal wisatawan.

“Salah satu cara diantaranya mengadakan atraksi-atraksi, event-event yang dapat menarik wisatawan datang ke Sabang. Pemerintah Kota Sabang bisa melakukan pemetaan dan tentunya berkoordinasi dengan Disbudpar Aceh,” sebut mantan Kadisbudpar Aceh ini.

Termasuk olahraga selam di Sabang, kata Reza juga perlu ditingkatkan standarnya.

“Setiap tahun harus kita tingkatkan standar selam Sabang dengan cara mengadakan sertifikasi para diver di tempat-tempat usaha. Dan kewajiban kita untuk konservasi serta menjaga keaslian terumbu karang dan tempat yang dilindungi,” katanya.

Sabang memiliki berbagai tempat wisata seperti wisata sejarah, desa wisata, budaya, serta heritage destinasi cruise dan lainnya. Hanya saja bagaimana pemerintah mengelola dengan baik dan memasarkan ke kancah internasional.Pemerintah Aceh sendiri memilih Kota Sabang sebagai pusat kegiatan selama internasional sebagai bentuk promosi guna meningkatkan pariwisata serta membangun pariwisata halal di daerah tersebut.

Kegiatan yang digelar dua hari hingga 7 Oktober ini merupakan hasil kerja sama Pemerintah Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh, Kemenpar RI, Pemko Sabang serta BPKS Sabang.

Wali Kota Sabang dalam sambutan yang dibacakan Sekda Kota Sabang Zakaria menyampaikan kegiatan tersebut memiliki tujuan yang sangat baik untuk meningkatkan arus wisata di Aceh, khususnya di Sabang.

Maka Pemko Sabang sangat mendukung sepenuhnya atas berbagai event atau kompetisi pariwisata digelar di Sabang.

“Karena selain salah satu ajang promosi juga akan menjadikan Sabang semakin lebih hidup dan ramai dikunjungi wisatawan,” kata dia.

Pemkot Sabang juga berterimakasih kepada Kemenpar RI dan Pemerintah Aceh karena sudah mengadakan event yang bertaraf Internasional di Sabang.

“Harapan kami Kemenpar dan Pemerintah Aceh dapat berkonsultasi dalam menentukan event-event ke depannya dalam rangka meningkatkan pariwisata kota Sabang,” kata.