BNPB Aceh Gelar Dialog Budaya Nasional & Pameran Foto dan Lukisan

Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Dialog Budaya Nasional 2017 mulai 5-8 Juli 2017 di The Pade Hotel, Banda Aceh.

Kegiatan perdana ini direncanakan akan diadakan rutin setiap tahunnya secara bergiliran pada 11 kantor BPNB yang tersebar di seluruh Indonesia.

Adapun tema dari kegiatan Dialog Budaya Nasional tahun ini mengangkat tema “Kebudayaan sebagai Strategi Penguatan Jati Diri Bangsa” sekaligus membahas isu-isu kebudayaan strategis.

Sementara itu, rangkaian kegiatan dialog tersebut juga diawali dengan pembukaan Pameran Foto dan Lukisan “Colours of Culture” hasil karya siswa-siswi SMP yang dipamerkan di Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda serta turut dihadiri pula Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi.

Pameran yang bekerja sama dengan PT. Angkasa Pura II Bandara Udara Internasional Sultan Iskandar Muda ini turut memamerkan beberapa foto warisan budaya tak benda (WBTB) Aceh yang telah masuk menjadi Warisan Budaya Nasional (WARBUDNAS).

Tak hanya itu, agenda lainnya juga akan ada pemutaran video tokoh inspiratif Abu Solong yang berjudul “Secangkir Kopi: Bertahan Dalam Tradisi Menyesuaikan Arus Modernisasi”.

Sementara sesi dialog budaya yang diisi sejumlah narasumber seperti budayawan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang nantinya dibagi dalam lima pleno. Pleno I akan membahas isu tentang Imperialisme & Diplomasi Budaya, Pleno II akan membahas isu tentang Budaya Maritim, Pleno III tentang Kontinuitas Sejarah & Warisan Budaya Tak Benda, Pleno IV membahas isu tentang Nilai & Karakter Budaya, dan Pleno V membahas tentang Kosmologi & Kearifan Lokal.

Peserta Dialog Budaya Nasional 2017 juga akan diajak berkunjung ke Sabang untuk mengenal titik nol Indonesia serta kembali ke Kota Banda Aceh untuk mendengarkan paparan dan diskusi hasil rumusan dan rekomendasi Dialog Budaya Nasional 2017 yang nantinya akan ditutup oleh Kepala BPNB Aceh, Irini Dewi Wanti, SS., M.SP.

You might also like More from author

Leave a comment