fbpx

Banda Aceh Ikut Sertakan ‘Kuah Pliek’ di Festival Kuliner PKA VII

245

Festival Kuliner menjadi salah-satu kegiatan yang menghiasi gelaran PKA VII tahun 2018. Masing-masing kabupaten/kota mengikuti festival ini dengan kuliner khas daerahnya.

Kota Banda Aceh memilih ‘Kuah Pliek’ sebagai kuliner yang diikutsertakan pada Festival yang diselenggarakan mulai 7-14 Agustus mendatang.

Istri Gubernur Aceh non aktif, Darwati A Gani ikut melihat langsung sejumlah kuliner khas Banda Aceh yang diikutsertakan pada Festival Kuliner PKA VII ini. Hadir juga istri Plt Gubernur Aceh, Diah Erti Idawati juga ikut melihat kuliner Banda Aceh. Darwati dan Diah yang disambut Ketua Dekranasda Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR ikut mencicipi kelezatan kuah pliek Banda Aceh.

“Enak, mantap,” komentar singkat Darwati usai mencicipi kuah pliek khas Banda Aceh.

Menurut Nurmiaty AR, kuah pliek khas Banda Aceh teksturnya lebih kering dari kuah pliek daerah lain di Aceh

“Kuah pliek ini lebih kering, mungkin agak mirip dengan kuah pliek dari Bireun,” ujar istri Wali Kota.

Kata Nurmiaty, pada Festival Kuliner PKA VII. Banda Aceh juga mengikutsertakan hidangan khas lainnya seperti keumamah teuphep, sambai bungoeng putek, manok bungoeng kala, udeung asam keueung, sambal kulet,dan kuliner lainnya.

Banda Aceh dengan aneka kuliner andalannya akan bersaing dengan 22 kabupaten/kota lainnya di Aceh, kecuali Kota Lhokseumawe yang tidak mengikuti festival ini.

Melalui festival kuliner ini, Nurmiaty berharap dapat memperkenalkan kembali kuliner khas Banda Aceh kepada setiap pengunjung PKA VII, baik pengunjung dalam negeri maupun mancanegara.