Air Terjun Berawang Tampu yang Tersembunyi, Indah dan Asri

155

Kabupaten Bener Meriah menyimpan potensi keindahan alam yang mengagumkan, sehingga banyak di antaranya menjadi destinasi wisata populer seperti Air Terjun Tansaran Bidin yang merupakan Air Terjun Terpopuler di Indonesia yang telah mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2019 pada kategori Surga Tersembunyi Terpopuler.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah Irmansyah melalui Kabid. Pemasaran Pariwisata Agus Nurza Z menjelaskan sejumlah destinasi baru juga bermunculan setelah banyak wisatawan yang terhambat perjalanan wisatanya karena masa pandemi, sehingga membuat para pelaku wisata harus bisa lebih banyak mengeksplorasi potensi wisata yang ada agar dapat memberikan inovasi dan nuansa baru pada destinasi wisata yang dikembangkan.

Bener Meriah memiliki banyak air terjun yang tidak hanya alami, tapi juga menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Tim dokumentasi dan publikasi Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah melakukan eskplorasi potensi wisata air terjun tersembunyi yang sangat luar biasa menarik yang berada di dusun Menderek Kampung Alur Gading Kec. Pintu Rime Gayo yaitu Air Terjun Berawang Tampu.

Air Terjun Berawang Tampu kita yakini merupakan salah satu yang Terindah di Indonesia yang Wajib di Jelajahi karena keindahan pesonanya. Ketinggian air terjun ini diperkirakan mencapai lebih dari 50 meter yang di kelilingi savana rumput dan tutupan hutan lebat dikawasan lembah dan aliran sungai.

Untuk mencapai lokasi air terjun Berawang Tampu sangat mudah, hanya butuh waktu satu jam perjalanan mobil dari kota Redelong ke dusun Menderek Kampung Alur Gading. Dari simpang Menderek, wisatawan menuju lokasi parkir yang berjarak sekitar 5 kilometer. kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki hanya sekitar 200 meter dan langsung bisa menghirup udara segar, menikmati panorama alam air terjun Berawang Tampu yang sangat luar biasa.

Tak jarang kita bisa melihat burung Julang Emas, Rangkong Badak dan Rangkong Papan berterbangan dengan kepakan sayapnya yang menggelegar bagaikan helikopter melintasi kawasan Air Terjun Berawang Tampu yang asri ini. Menariknya lagi, di spot ini kita bisa melakukan live streaming, video call bahkan pertemuan secara daring sehingga bisa menyapa para sahabat traveler diseluruh penjuru dunia.

Jika wisatawan ingin mandi dikawasan air terjun Berawang Tampu, kita harus berjalan menyusuri sungai dan menjelajah hutan sekitar 30 menit. Perjalanan tidak menempuh waktu yang lama tapi kita diminta untuk ekstra hati-hati karena area tebing tinggi yang akan sangat menguji keseimbangan.

Setelah menempuh perjalanan yang cukup menantang didasar lembah, kita akan disambut oleh pemandangan yang sangat mengagumkan.

Untuk menuju lokasi aliran Berawang Tampu, kita harus didampingi oleh masyarakat lokal karena lokasi ini merupakan bagian dari kawasan ekosistem gajah Sumatera. Tentunya jika kita beruntung, kita bisa melihat eksotisnya keberadaan gajah liar Sumatera di habitatnya.

Pengunjung juga harus menjaga kebersihan objek wisata, jangan ada yang membuang sampah sembarangan termasuk hindari corat-coret di area wisata. Kebersihan lingkungan di kawasan objek wisata akan berdampak baik untuk estetika dan kesehatan.

Terpenting dari semuanya dibutuhkan kedisiplinan dari para pelaku usaha dan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.