Aceh Juara Umum Lomba Busana Pengantin Bahan Daur Ulang

220

Aceh raih juara umum Lomba Busana Pengantin Bahan Daur Ulang Indonesia 2018 yang dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Aceh menggeser juara bertahan Kalimantan Selatan yang sudah enam tahun memuncaki agenda tahunan tersebut.

Dengan meraih juara umum, Pemerintah Aceh yang diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh kembali mengukir prestasi di bidang desain busana pengantin dari bahan daur ulang yang dilaksanakan oleh Anjungan TMII Jakarta, Minggu (28/10/2018) malam.

Agenda tahunan yang mengusung tema Pergelaran Busana Pengantin Daur Ulang. Dalam event itu, Aceh memborong enam kategori yang diperlombakan.

“Dari delapan kategori yang diperlombakan, Aceh raih enam, sehingga Aceh berhak menjadi juara umum,” sebut Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Irmayani Ibrahim.

Katagori lomba yang dimenangi Aceh, masing-masing desainer terbaik, peraga wanita terbaik, peraga pria terbaik, penyaji terbaik se-Sumatra, dan perancang unggulan terbaik.

Piala bergilir yang selama enam tahun dirangkul Provinsi Kalimanatan Selatan, kini direbut kembali oleh Aceh. Tema busana pengantin yang diusung Aceh dalam lomba ini “Kejayaan Samudera Pasai” yang dirancang oleh desainer Aceh, Cut Puteri Kausaria.

Karya debsainer berbakat Aceh tersebut berhasil membuat kagum dewan juri yang di antaranya terdiri atas Samuel Watimena dan Nungky Kusumastuti.

Rancangan yang menang di sulam Cut Puteri Kausaria menggunakan tutup botol dan sedotan plastik, tapi terlihat glamor saat ditampilkan di Sasono Langen Budoyo TMII.

“Rancangan itu menarik, grafis tutup botol yang disetting menyerupai mata uang Aceh lengkap dengan nama sultan-sultan Aceh (mirip cap sikurueng), sehingga unit dan tampak glamor,” ujar Irman bahagia.