4 Kategori dari Aceh Sabet Anugerah Pesona Indonesia 2018

Diving Pulau Weh Juara I

456

Ajang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang berlangsung Kamis (22/11/2018) malam di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta berlangsung sukses. Provinsi Aceh juga dapat berbangga, dari 7 kategori yang lolos di API Award 2018, 4 kategori berhasil masuk dalam 3 besar.

Spot diving Pulau Weh, Kota Sabang mendapat juara I kategori wisata air terpopuler 2018 disusul dengan Masjid Raya Baiturrahman (Kota Banda Aceh) sebagai juara II kategori wisata halal terpopuler 2018.

Selain itu, juara ketiga juga diraih masing-masing Dataran Tinggi Gayo (Aceh Tengah) dan juga tari Saman (Gayo Lues) sebagai atraksi budaya terpopuler 2018.

Plt Kadisbudpar Aceh Amiruddin merasa bangga atas keberhasilan Aceh untuk tahun kedua ini di API Award 2018.

“Alhamdulillah kali ini Aceh diwakili oleh Sabang kembali unggul menjadi juara satu yang berhasil mendapatkan penghargaan wisata air terpopuler di Indonesia,” ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, di tahun 2017, Aceh juga berhasil masuk juara untuk kategori promosi pariwisata digital terpopuler, dimana akun Twitter @aceh_disbudpar berhasil menyabet juara II di penghargaan API Award.

Suasana penyerahan penghargaan API Award 2018. (Foto Kemenpar RI)
Suasana penyerahan penghargaan API Award 2018. (Foto Kemenpar RI)

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Kementerian Pariwisata RI, I Gede Pitana mengatakan, dalam penyelenggaraannya, API memberikan dampak yang positif bagi pariwisata Indonesia serta turut berperan dalam mempromosikan destinasi yang ada di Indonesia, salah satunya melalui media internet.

Ia menilai penilaian yang dilakukan API cukup komprehensif, dengan melibatkan banyak stakeholder untuk memilih destinasi wisata mana yang menjadi nominasi sebelum di-vote.

“Prosesnya banyak melibatkan stakeholder. Dari pemerintah pusat, pemda, ahli pariwisata, jurnalis senior, dan masyarakat,” terangnya.

API Award 2018 merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Ayo Jalan-Jalan yang didukung Kementerian Pariwisata RI. Lewat ajang ini, pemerintah pusat memberikan penghargaan bagi objek dan destinasi wisata terpopuler di Indonesia.