3 Provinsi Akan Ikut Meriah Festival Khanduri Laot di Sabang

73

Sebanyak tiga provinsi yang ada di Pulau Sumatera akan ikut serta dalam Festival Khanduri Laot yang digelar 28-31 Maret mendatang di Sabang.

Hal tersebut dipaparkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Sabang, Faisal dalam rapat persiapan Festival khanduri loat yang dipimpin Wali Kota Sabang, Nazaruddin, Rabu (27/2/2018).

“Persatuan kebudayaan laut dari tiga provinsi di luar Aceh sudah mengonfirmasi ikut serta dalam pegelaran tradisi masyarakat pesisir atau festival khanduri laot di Sabang, adapun 3 provinsi ini Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Riau,” katanya.

Acara kenduri laut yang telah menjadi agenda tahunan di Sabang itu, mengangkat tema “Dari Sabang Untuk Indonesia”.

Wali Kota Sabang, Nazaruddin mengatakan pergelaran festival khanduri laot merupakan even kearifan lokal yang telah menjadi agenda tahunan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

“Even ini dipastikan akan berdampak pada kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara dan tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sabang,” ujarnya.

Festival tersebut akan menampilkan sejumlah atraksi seni budaya masyarakat pesisir kepulauan di antaranya, atraksi adat melaut, lomba mancing tradisional, dan lomba kayuh perahu naga.

Kemudian, pentas pesona budaya, khanduri untuk aulia 44 dan anak yatim, dialog budaya dan silaturahmi Panglima Laot se-Aceh, dike Aceh dan pameran produk kreativitas daerah pesisir.

“Rangkaian itu semua diharapkan dapat menarik minat kunjungan wisatawan ke Sabang. Karena selain menikmati pesona bahari, para wistawan juga disuguhkan penampilan budaya masyarakat pesisir,” terangnya.