14 Grup Musik Lokal Siap Meriahkan Aceh Musik Festival

454

Setidaknya 14 grup musik etnik modern Aceh akan tampil pada Aceh Musik Festival (AMF) di Gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh, Sabtu (28/10/2017).

Mereka akan berkompetisi di hadapan dewan juri dan penonton untuk memperebutkan trofi dan uang tunai.

Salman Varisi, Koordinator Event AMF, mengatakan, ke-14 peserta tersebut telah melalui berbagai tahapan sejak September lalu. Calon peserta mengirimkan demo karya kepada panitia untuk dinilai dewan juri.

“Hasilnya, empat belas grup inilah yang berhak tampil ke babak final,” ujarnya, Kamis (26/10/17).

Dia menambahkan, ke-14 grup musik tersebut adalah grup musik etnik di Aceh, yang mewakili wilayah pesisir utara, timur, tengah, dan barat selatan.

Salman menjelaskan, acara akan berlangsung mulai pukul 16.00 – 23.00 WIB dengan menghadirkan bintang tamu, Qana Music, yang berisi kumpulan musisi Aceh terbaik. Panitia tidak memungut tiket masuk bagi pengunjung. Doorprize juga disediakan panitia untuk penonton yang akan dibagikan di tengah-tengah acara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi, menambahkan, pagelaran AMF menjadi salah satu Calender of Event (CoE) Aceh, dengan tujuan memperkaya khasanah permusikan Aceh.

“Kita harapkan seluruh peserta dapat menunjukkan musik etnik kontemporer yang enak didengar dan penting untuk masa depan permusikan Aceh. Event ini kita harapkan juga untuk menarik wisatawan bahwa di Aceh ada hiburan menarik untuk disaksikan,” katanya, Kamis.

Reza mengajak masyarakat Aceh terutama yang berdomisili di Kota Banda Aceh dan sekitarnya untuk menyaksikan langsung AMF pada akhir pekan nanti.

AMF 2017 merupakan program Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tujuannya, untuk membangkitkan gairah berkarya bagi generasi muda Aceh dalam bidang musik.